Kamis, 15 Maret 2012

TATA KERJA,PROSEDUR KERJA,DAN SISTEM KERJA

NAMA   : Reza Pahlevi
KELAS   : 1DB04
NPM      : 38111230


1.      PENGERTIAN

·         Tata keja adalah cara-cara melaksanakan kerja yang seefisien mungkin mengenai sesuatu pekerjaan dengan mempertimbangkan tujuan ,fasilitas,tenaga kerja ,waktu dan lain-lain yang tersedia.
·         Prosedur kerja adalah rangkaian tata kerja yang saling berkaitan sehingga menunjukan adanya suatu urutan tahap demi tahap yang harus dikerjakan dalam rangka penyelesaian suatu pekerjaan.
·         System kerja adalah susunan antara tata kerja dengan prosedur kerja yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan
      Ketiganya merupukan kesatuan yang bulat artiny ketiganya merupakan tindak lanjut dalam rangka pelaksanaan suatu bidang pekerjaan tertentu.
      Jadi dengan adanya system  , tata kerja dan prosedur kerja menjadikan pelaksanaan fungsi manajemen dan kebijaksanaan pimpinan menjadi lebih terarah , terkodinir,dan terkontrol dengan baik
2.      PRINSIP-PRINSIP TATA KERJA , PROSEDUR KERJA,DAN SISTEM KERJA
 Prinsip –prinsip yang harus dipenuhi dalam memakai tata kerja , prosedur,dan system kerja pada suatu instansi adalah sebagai berikut:
·         Tata kerja ,prosedur kerja , dan system kerja harus disusun dengan memperhatikan segi-segi tujuan ,faasilitas,peralatan,material, biaya, dan waktuyang tersedia serta segi luas,macam,dan sifat dari tugas atau pekerjaan.
·         Untuk mempersiapkan hal-hal itu dengan setepat-tepatnya maka haruslah terlebih dahulu dipersiapkan adanya penjelasan tenteng tujuan pokok orhanisasi ,skema,klasifikasi jabatan,analisa jabatan ,unsure kegiatan organisasidan semacamnya.
·         Pilih salah satu pokok bidang tugas yang akan dibuat bagan prosedurnya.
·         Selanjutnya harus dibuat dan dijelaskan daftar dari tiap-tiap detail pekerjaan yang harus dilakukan berikut lamanya waktu yang diperlukan untuk melaksanakan bidang tugas yang termaksud.
·         Dalam penetapan tahap demi tahap dalam rangkaian pekerjaan maka antara tahap yag satu dengan tahap berikutnya harus betul- betul terdapat saling berhubungan yang sangat erat yang keseluruhannya menuju kearah satu tujuan.
·         Dan tiap – tiap tahap itu harus betul-betul merupakan suatu kerja yang nyata dan perlu untuk pelaksanaan dan penyelesaian seluruh tugas atau pekerjaan yang dimaksud.
·         Disamping itu harus ditetapkan pula skill atau kecakapan dan keterampilan tenaga kerja yang diperluakan untuk penyelesaian bidang tugas yang dimaksud.
·         Tata kerja, prosedur kerja ,dan system kerja itu harus disusun sedemikian rupa sehingga memiliki stabilitas dan fleksibilitas. Stabilitas maksudnya bahwa system ,tata kerja dan peosedur kerja itu harus mengandung unsur tetap sehingga menjamin kelancaran dan kemantapan kerja. Fleksibilitas artinya bahwa dalam pelaksanaanya tidak kaku tetapi harus luwes.
·         Perlu diperhatikan bahwa penyusun system ,prosedur, dan tata kerja harus selalu disesuaikan dengan kemajuan jaman dan teknologi, jadi harus dijaga updatenesnya.
·         Untuk penggambaran tetntang penerapan sesuatu prosedur tertentu sebaiknya dipergunakan tanda-tanda atau symbol dan skema atau bagan prosedur dengan setepat-tepatnya.
·         Dan akhirnya untuk menjamin penerapan tata kerja , prosedur kerja , dan system kerja yang setepat-tepatnya ,maka adanya buku- buku pedoman(manuals) tentang hal-hal itu mutlak perlu dipersiapkan .


SUMBER :
http://irezpratama90blogs.blogspot.com/2011/10/tata-kerja-prosedur-kerja-dan-sistem.html
http://shandy91.blogspot.com/2011/03/pengertian-tata-kerja-prosedur-kerja.html 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar