Pengantar Sistem Informasi Dasar Komputer
Manajemen Informsi
Jenis-jenis sumber daya utama
Manager mengelola lima jenis sumber daya utama.
1.
Manusia
2.
Material
3.
Mesin
4.
Uang
5.
Informasi
Tugas manager adalah mengelola sumber daya ini agar dapat
digunakan dengan cara yang paling efektif. Empat jenis sumber daya diatas yang
pertama memiliki wujud , yang ada secara fisik dan dapat disentuh. Kita
menggunakan istilah sumber daya fisik untuk menggambarkannya. Jenis sumber daya
yang kelima , informasi, memiliki nilai dari apa yang diwakilinnya , bukan dari
bentuk wujudnya. Kita menggunakan istilah sumber daya konseptual untuk
menggambarkan informasi dan data. Para manager menggunakan sumber daya
konseptual untuk mengelola sumber daya fisik
Manajemen sumber daya
Sumber daya diperoleh dan disusun agar siap digunakan saat
diperlukan. Sangat sering proses penyusunan membutuhkan pengubahan suatu bahan
mentah menjadi bentuk yang lebih halus, seperti pelatihan pegawai atau
kontruksi suatu bagian mesin yang khusus. Setela sumber daya ini disusun ,
manager berusaha untuk memaksimalkan penggunaannya. Manager meminimalkan waktu
yang terbuang dan menjaganya agar berfungsi pada efisiensi puncak. Akhirnya,
manager mengganti sumber daya ini pada saat kritis sebelum sumber daya tersebut
menjadi tidak efisien atau usung.
Bagaimana informasi dikelola.
Dapat kita lihat dengan mudah bagaimana manager mengelola
sumber daya fisik , tetapi manajemen juga mencakup pengelolaan sumber daya
konseptual. Manager memastikan data mentah yang terkumpul dan kemudian diproses
menjdai informasi yang berguna. Kemudian manager memastikan bahwa orang yang
layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada
waktu yang tepat juga. Akhirnya manager membuang informasi yang tidak berguna lagi
dan menggantikannya dengan informasi yang terkini dan akurat. Dapat disimpulkan
Memperoleh informasi, menggunakan seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat
yang tepat disebut juga manajemen informasi.
Perhatian pada manajemen informasi
Para manager memberi perhatian
yang semakin besar pada manajemen informasi selama beberapa tahun terakhir ini
karena dua alasan utama. Yang pertama ,kgiatan bisnis telah menjadi semakin
rumit. Kedua , computer telah mencapai kemampuan yang semakain baik.
1. Meningkatnya kerumitan kegiatan bisnis
Bisnis memang rumit , tetapi sekarang ini lebih rumit
dibandingkan sebelumnya. Semua perusahaan terkena pengaruh ekonomi
internasional dan bersaing dala pasar internasional, teknologi bisnis menjadi
semakin rumit , batas waktu untuk bertindak semakin singkat ,dan terdapat pula
kendala-kendala social.
·
Pengaruh ekonomi internasional contohnya
terlihat pada nilai relative uang tiap
Negara.
·
Persaiangan dunia dapat dilihat pada import dari
luar negri.
·
Menngkatnya kerumitan teknologi contohnya bisa
dilihat dalam bisnis barcode scanners di pasar swalayan, system pemesanan
penerbangan yang berbasis computer , automated teller machine , dan closed
circuit television di gedung gedung parker.
·
Batas waktu yang semakin singkat contohnya para
wiraniaga melakukan pemasaran melalui telepon untuk menghubungi pelanggan
mereka dalam waktu beberapa detik , perintah penjualan dikirim secara
elektronik dari suatu computer ke computer yang lain.
·
Kendala Kendala social
2. Kemampuan computer yang semakin baik.
Computer- computer tahun
1950an-1960an ukurannya sangat besar ,biasanya ditempatkan dalam ruangan
besar dan hanya bolehh disentuh oleh para spesialis computer perusahaan. Pra
pemakai tidak pernah berhubunga langsung denga perangkat keras ,tetapi
pengaturan seperti ini dirasa cocok oleh para pemakai. Berbeda dengan para
pemakai sekarang, pemakain sekarang sangat mungkin memiliki terminal keyboard
atau computer mikro diruangan mereka. Para pemakai sekarang tidak memandang
computer sebagai sesuatu yang istimewa tetapi sebagia bagian peralatan kantor
yang dibutuhkan,seperti halanya meja, telepon , atau mesin fotocopy.
Siapakah Para Pemakai ?
Awalnya pemakai output computer
adalah pegawai administrsi di bagian akuntansi, yang komputernya melaksanakan
aplikasi seperti , pembayaran gaji, pengelolaan persediaan ,dan penagihan.
Gagasan untuk menggunakan computer
sebagai system informasi (SIM) ,merupakan suatu terobosan besar, karena
menyadari bahwa para manager memerlukan informasi untuk pemecahan masalah.
Ketika perusahaan perusahaan menjangkau konsep SIM ,mereka mulai mengembangkan
berbagia aplikasi yang secara khusus diarahkan untuk mendukung manajemen. Ketika
perusahaan perusahaan menjangkau konsep SIM, mereka mulai mengembangkan
berbagai aplikasi yang secara khusus diarahkan untuk mendukung manajemen. Jadi
,istilah SIM sebenernya tidak memberikan gambaran yang menyeluruh. SIM bukanlah
suatu system untuk memproduksi informasi manajemen , melainakan informasi
pemecahan masalah.
Kita
menghetahui bahwa para pemakai computer meliputi:
·
Manager
·
Non-manager
·
Orang orang dan organisasi – organisasi dalam
lingkungan perusahaan
Dimana para Manager Ditemukan
Manager dapat ditemukan dimana-mana .tetai perlu disadari
bahwa mereka ada di berbagai tingkat dan dalam berbagai bidang fungsional di
dalam perusahaan.
Tingkatan manajemen , manager pada puncak hirarki organisasi
,seperti direktur dan para wakil direktur ,disebut berada pada tingkat
perencanaan strategis (strategic planning level). Tingkat ini menunjukan
pengaruh atas keputusan-keutusan yang diambil. Manager tingkat menegah mencakup
manager wilayah ,direktur produk ,dan kepala divisi. Tingkat ini dinamakan
tingkat pengendalian manajemen (management control level) , tanggung jawab
mereka mengubah rencana menjadi tindakana dan mamastikan agar tujuan tercapai.
Manager tingkat bawah mencakup kepala departemen , penyelia (supervisor), dan
pemimpin proyek , bertangggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah
ditetapkan oleh para manager ditingkat yang lebih tingggi. Tingkat ini sering
disebut tingkat pengendalian operasional (operational control level). Istilah
eksekutif sering digunakan untuk menggambarkan seorang manager pada tingkat
perencanaan strategis. Direktur dan sejumlah wakil direktur membentuk suatu
komite eksekutif yang menangani masalah-masalah besar yang dihadapi perusahaan.
Bidang Fungsional ,tiga bidang fungsional yang tradisional
adalah pemasaran ,manufaktur,dan keuangan. Belakangan ini dua bidang tambahan
menjadi semakin penting yaitu sumber daya manusia dan jasa informasi. Istiah
jasa nformasi digunakan untuk menggambarkan unti organisasi perusahaan yang
bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya informasi perusahaan. Sumber daya
informasi untuk menjelaskan sumber daya seperti peralatan computer, program,
dan data, yang tidak hanya berlokasi di unit jasa informasi tetapi juga di
seluruh perusahaan.
Apa Yang Dilakukan Para Manager
Walau terlihat jelas antara berbagai tingkatan manajemen dan
bidang fungsional tapi semua manager melaksanakan fungsi yang sama dan
memainkan peranan yang sama.
Fungsi Manajemen, sekitar tahun 1914 seorang ahli teori
manajemen asal Perancis, Henri Fayol, menyatakna bahwa manager melaksanakan 5
fungsi-fungsi manjemen yang utama. Pertana manager merencakan (plun) apa yang
mereka lakukan. Kemudian,mereka mengorganisasikan untuk mencapai rencana
terebut . selanjutnya mereka menyusun staff organisasi mereka dengan sumber
daya yang diperlukan. Denga sumber daya yang ada ,mereka mengarahkan (direct)
untu melaksanakan rencana. Akhirnya mereka mengendalikan (control) sumber daya
, menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.
Peran Manajerial, Henry Mintzberg menganggap bahwa
fungsi-fungsi fayol tidak memberikan gambaran yang menyeluruh. Ia mengembangkan
kerangka kerja yang lebih rinci yang terdiri dari sepuluh peran manajerial yang
dimainkan oleh manager, meliputi aktivitas anatar-pribadi (interpersonal),
informasi (informational), dan keputusan (decisional). Fungsi manajemen dan
peran manajerial ini akan menjadi kerangka kerja yang bermanfaat saat merancang
system informasi.
Keahlian Manajemen
Seorang manager yang berhasil harus memliki banyak keahlian,
tetapi ada dua yang mendasar yaitu komunikasi dan pemecahan masalah.
Keahlian Komunikasi, manager menerima dan mengirimkan
informasi dalam bentuk lisan atau tertulis. Komunikasi tertulis misalnya
laporan, memo, surat elektronik. Komunikasi lisan terjadi saat rapat ,saat
meggunakan telepon atau voice mail. Tiap manager memiliki pilihan medianya
sendiri dan para manager menyusun suatu panduan media komunikasi yang sesuai
dengan gaya manajemen mereka.
Keahlian Pemecahan Masalah, pemecahan masalah bisa disebut
juga sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalahan. Kita
menyatukan usaha meraih kesempatan ke dalam pemecahan masalah dengan
mendefinisikan masalah secara negative sebagai positif sebagai sesuatu yang
menguntungkan atau mungkin menguntungkan. Hasil dari pemecahan masalah adalah
solusi. Selama pemecahan masalah ,manager terlibat dalam pengambilan keputusan
yaitu tindakan memilih dari berbagai alternative tindakan.
Penghetauan Manajemen
Penghetahuan yang pertama adalah mengerti computer (computer
literacy) dan yang lain mengerti informasi (information literacy).
Mengerti Komputer, penghetahuan ini mencakup pengertian
mengenai istilah istilah computer, pemahaman mengenai keunggulan dan kelemahan
computer , kemampuan menggunakan computer.
Mengerti Informasi, meliputi pengertian bagaimana
menggunakan informasi pada tiap tahap dari proses pemecahan masalah, dimana
informasi dapat diperoleh ,dan bagaimana berbagi informasi dengan orang lain.
Seorang manager dapat mengerti informasi tapi tidak mengerti computer.
Kenyataannya, jika seseorang diharuskan memilih, mengerti informasi lebih
penting. Namun idealnya seorang manager harus mengerti computer dan informasi.
Manager dan Sistem
Sistem adalah sekolompok elemen
yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.
Elemen-elemen system
Sumber daya input siubah menjadi sumber daya output . sumber
daya mengalir dari elemen input, melalui elemen transformasi, ke elemen output.
Suatu mekanisme pengendalian memantau transformasi untuk meyakinkan bahwa
system tersebut memenuhi tujuannya. Mekanisme pengendalian ini dihubungkan pada
arus sumber daya dengan memakai suatu lingkaran umpan balik (feedback loop)
yang mendapatkan informasi dari output system dan menyediakan informasi bagi
mekanisme pengendalian. Mekanisme pengendalian membandingkan sinyal-sinyal
umpan balik ke sasaran dan mengarahkan sinyal pada elemen input jika system
operasi memang perlu diubah. Jika pengaturan system ini digunakan untuk
menjelaskan suatu system pemanas, misalnya input merupakan bahan bakar ,
seperti gas atau batubara. Jika suatu system menggambarkan suatu perusahaan
manufaktur, sumber daya input adalah bahan mentah, yang diubah menjadi barang
jadi atau jasa melalui proses manufaktur. Mekanisme pengendaliannya adalah
manajemen perusahaan.
Sistem Lingkaran Terbuka Dan Lingkaran Tertutup
Suatu sistem tanpa elemen mekanisme pengendalian, lingkaran
umpan balik ,dan tujuan disebut system lingkaran terbuka. Suatu system dengan
tiga elemen pengendalian (tujuan, mekanisme pengendalian, dan lingkaran umpan
balik) disebut system lingkaran tertutup.
Sistem Terbuka dan Sistem Tertutup.
Suatu system yang dihubungkan dengan lingkungannya melalui
arus sumber daya disebut system terbuka. Contohnya mendapatkan inputnya dari
perusahaan listrik dan menyediakan panasnya bagi gedung atau ruangan yang
dipanasinya.
Dengan menggunakan logika yang sama ,suatau system yang
tidak dihubungkan denga n lingkungannya adalah system tertutup. System tertutup
hanya terdapat dalam laboratorium.
Subsistem dan Supersistem
Subsistem adalah system didalam suat system. Mobil adalah
suatu system yang terdiri dari system-sistem bawahan seperti system mesin ,dan
system rangka.
Jika suatau system adalah bagian dari system yang lebih
besar , system yang lebih besar itulah yang disebut supersistem. Pemerintah
kota adalah suatu system ,tetapi ia juga merupakan bagian dari system yang
lebih besar dari pemerintahan provinsi. Pemerintahan provinsi itulah yang
disebut supersistem.
Sistem Fisik dan Sistem Konceptual
Perusahaan bisnis aadalah suatu system fisik. Terdiri dari
sejumlah sumber daya fisik. Sebaliknya system conceptual adalah system yang
menggunakan sumber daya konseptual , informasi data untuk mewakili suatu system
fisik. System conceptual umumnya ada sebagai citra mental dari pikiran manager.
System fisik penting karena keberadaannya dan system konceptual penting karena
penggambarannya atas system fisik.
Organisasi Jasa Informasi
Perusahaan-perusahaan yang pertama menggunakan computer
menyadari perlunya membentuk unit-unit organisasional tersendiri yang terdiri
dari para spesialis yang bertanggung jawab menerapkan system.
Para spesialis informasi
Istilah spesialis informasi untuk menggabarkan pegawai
perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara
system berbasis computer. Ada 5 golongan utama spesialis informasi:
·
Analis system
·
Pengelola database
·
Spesialis jaaringan
·
Programmer
·
Operator.
Kecenderungan menuju End-User Computing
Apa yang mendorong end-user computing?
End user computing berkembang karena empat pengaruh utama.
·
Menigkatnya Pengetahuan tentang Komputer
Dampak dari program program pendidikan computer di tingkat
universitas dan pra universitas sangat terasa. Berbagai tingkatab manajemen,
terutama di tingkat bawah, mulai diisi oleh orang-orang yang menguasai computer
dangen baik.
·
Antrian Jasa Informasi
Para spesialis informasi selelu memiliki lebih banyak
pekerjaan daripada yang dapat mereka tangani. Para pemakai mulai meminta
jasa-jasa informasi untuk dukungan system tambahan. Unit jasa informasi tidak
dapat menanggapi dengan cepat ,dan terjadi timbunan pekerjaan yang menunggu
untuk diolah computer.
·
Perangkat Keras yang Murah
Pada periode yang sama ,pasar dibanjiri oleh computer mikro
yang murah. Jadi para pemakai bisa memperoleh perangkat keras mereka sendiri
dengan memesan pada toko computer local melalui telepon dan membayarnya dengan
dana kas kecil.
·
Perangkat Lunak Jadi
Perangkat lunak jadi ini menawarkan dukungan yang lebih baik
dan kemudahan penggunaan, dan memampukan perusahaan dan pemakai individu dengan
sedikit atau tanpa keahlian computer untuk menerapkan system berbasis computer.
Peran spesialis Informasi dalam End-User
Computing
Para pemakai tidak perlu bertanggung jawab penuh dalam
pengembangan system, tetapi mereka harus melakukan sebagian pengembangan
system. Pemakai akan bekerja dengan para spesialis informasi untuk bersama-sama
mengembangkan system. Suatu scenario end-user computing dimana pemakai
mengandalkan dukungan para spesialis informasi hingga tingkat tertentu biasa
disebut rantai komunikasi end-user computing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar